Definisi
Menurut saya definisi dari E-Commerce adalah suatu proses jual-beli barang atau jasa yang melibatkan pembeli dan penjual melaui media elektronik sebagai perantara bisnis. Contohnya adalah jual beli online, seperti tokobagus.com, berniaga.com, fjb kaskus, dll.
Menurut saya definisi dari E-Commerce adalah suatu proses jual-beli barang atau jasa yang melibatkan pembeli dan penjual melaui media elektronik sebagai perantara bisnis. Contohnya adalah jual beli online, seperti tokobagus.com, berniaga.com, fjb kaskus, dll.
Electronic Commerce (Perniagaan
Elektronik), sebagai bagian dari Electronic Business (bisnis yang dilakukan
dengan menggunakan electronic transmission), oleh para ahli dan pelaku bisnis
dicoba dirumuskan definisinya. Secara umum e-commerce dapat didefinisikan
sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade
of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari
yang telah disebutkan di atas, bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan
bagian dari kegiatan bisnis. Kesimpulannya, “e-commerce is a part of
e-business”.
E-commerce digunakan sebagai
transaksi bisnis antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain,
antara perusahaan dengan pelanggan (customer), atau antara perusahaan dengan
institusi yang bergerak dalam pelayanan public. Sebelum era internet, batas-batas
geografi menjadi penghalang suatu perusahaan atau individu yang ingin
go-international. Sehingga, hanya perusahaan atau individu dengan modal besar
yang dapat memasarkan produknya ke luar negeri.Dewasa ini dengan internet
pengusaha kecil dan menengah dapat memasarkan produknya secara internasional
cukup dengan membuat situs web atau dengan memasang iklan di situs-situs
internet tanpa batas waktu (24 jam), dan tentu saja pelanggan dari seluruh
dunia dapat mengakses situs tersebut dan melakukan transaksi secara on line.
Perbedaan
1. E-business lebih luas dalam lingkup dan e-commerce hanya
merupakan satu aspek atau satu bagian dari e-business.
2. E-commerce hanya mencakup transaksi bisnis seperti
membeli dan menjual barang dan jasa melalui internet.
3. E-commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan uang
sedangkan dalam e-business, transaksi uang tidak diperlukan.
4. E-business melibatkan pemasaran, perancangan produk,
evaluasi layanan konsumen, dll.
Keamanan E-Commerce
Secure Socket Layer
Informasi yang dikirim melalui
Internet biasanya menggunakan seperangkat aturan yang disebut TCP / IP
(Transmission Control Protocol / Internet Protocol). Informasi ini dibagi
menjadi paket-paket dan bernomor secara berurutan. Masing-masing paket dikirim
melalui rute yang berbeda. PKI dan SSL menggunakan sertifikat digital untuk
memastikan privasi dan otentikasi. Prosedur adalah seperti client mengirimkan
pesan ke server, yang menjawab dengan sertifikat digital.
PCI, SET, Firewalls and Kerberos :
PCI, SET, Firewall dan Kerberos
Standar enkripsi yang digunakan
e-commerce saat ini adalah SET (Secure Electronic Transaction). Selain
digunakan untuk pembayaran dengan credit card, SET juga digunakan untuk
pembayaran dengan smartcard. Dengan menggunakan SET, kerahasiaan informasi
customer (berupa nama dan nomor kartunya) bisa terjaga dengan baik. Firewall (perangkat lunak / perangkat
keras) melindungi server, jaringan dan individu PC dari serangan virus dan
hacker. Tidak kalah pentingnya adalah perlindungan dari kejahatan atau
kecerobohan dalam sistem, dan banyak perusahaan yang menggunakan protokol
Kerberos, yang menggunakan kriptografi kunci rahasia simetrik untuk membatasi
akses ke karyawan yang berwenang.
Produk E-commerce
Produk yang biasanya di jual pada bisnis E-Commerce biasanya
berupa barang maupun jasa. Segala macam bentuk barang dapat di jual, maupun
jasa. Sasaran pemasaran pun bermacam-macam, karena seluruh kalangan sudah tidak
asing dengan perangkat internet, maka sekarang siapapun dapat mengakses
internet. Dengan begitu, berbagai macam barang dan jasa dapat di tawarkan di
kegiatan bisnis E-Commerce.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar