Laman

Minggu, 21 Oktober 2012

Pengantar Forensik Teknologi Inf


"Malware Forensik"

Bagian 1 : Rudolf Jhonpiter 54409093
Bagian 2 : Irvan Aji Pamungkas 50409253
Bagian 3 : Herman 54409275
Bagian 4 : Husen Malik 56409464
Bagian 5 : Suryo Saputro 52409694
Bagian 6 : Praba Dwiyantoro 55409675
----------------------------------------
Bagian 4

Honeypot
Tujuan dari komputer forensik adalah untuk menjabarkan keadaan kini dari suatu artefak digital. Istilah artefak digital bisa mencakup sebuah sistem komputer, media penyimpanan (seperti flash disk, hard disk, atau CD-ROM), sebuah dokumen elektronik (misalnya sebuah pesan email atau gambar JPEG), atau bahkan sederetan paket yang berpindah dalam jaringan komputer. Pada umumnya kejahatan komputer yang dilakukan oleh pelaku itu di dunia maya, banyak sekali kejahatan yang dilakukan di dunia maya. Dan tugas IT Forensik itu mencari dan menemukan siapa pelakunya. Salah satu contoh tools IT forensik yang dapat digunakan dalam masalah ini adalah honeypot .

Honeypot adalah suatu cara untuk menjebak atau menangkal usaha-usaha penggunaan tak terotorisasi, dalam sebuah sistem informasi. Dalam bidang forensik, penyimpanan sebuah informasi sangatlah penting untuk menjamin keamanan terhadap isi dari informasi tersebut, salah satunya mencegah dari serangan penyusup melalui suatu jaringan komputer. adalah suatu cara untuk menjebak atau menangkal usaha-usaha penggunaan tak terotorisasi, dalam sebuah sistem informasi. Salah satunya adalah penggunaan honeypot sebagai salah satu cara pengalih perhatian hacker, agar ia seolah-olah berhasil menjebol dan mengambil data dari sebuah jaringan, padahal sesungguhnya data tersebut tidak penting dan lokasi tersebut sudah terisolir sehingga si hacker tidak bisa kemana-mana.
Honeypot bisa dibilang sebagai sebuah/beberapa ‘komputer’ yang digunakan untuk mengamankan network dari serangan para hacker. Dengan cara menempatkannya seolah sebagai komputer yang memiliki tingkat keamanan yang sangat rendah, tanpa firewall atau perlindungan ID. Arti lainnya, honeypot adalah tiruan server yang menyerupai server aslinya untuk mengelabui para hacker. Dengan tools ini hacker yang menyerang suatu website akan merasa mudah dalam melakukan aksinya, padahal dia masuk ke perangkap dan sedang dipekerjakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar