Laman

Minggu, 07 April 2013

Implementasi Komputasi Modern pada Mobile computing

Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi yang sangat pesat sehingga terciptalah teknologi yang sangan inovatif dimana komukasi jaringan lebih mudah dan portable sehingga tidak membutuhkan tempat khusus untuk menampatkannya, salah satunya adalah handphone sebuah device yang mudah kita kita bawa kemana-mana tanpa perlu membutuhkan kabel dan sangat mudah di bawa-bawa, cukup kita simpan di saku atau di tas kecil kita. Teknologi ini membantu kita untuk menyelesaikan masalah dan sekarang bisa memenuhi kebutuhan hidupkita di bidang informasi, teknologi ini erat kaitannya dengan proses komputasi yang menjadikannya bermanfaat dalam menyelesaikan masalah maupun pekerjaan.

Mobile computing adalah komunikasi jaringan tanpa menggunakan kabel serta mudah dibawa atau berpindah tempat (Portable), tetapi berbeda dengan komputsi modern, contoh dari mobile computing ini adalah GPS, Smart Phone dan lain sebagainnya.

Walaupun teknologi ini sangat maju akan tetapi masih memiliki keterbatasan dan resiko yang dimilikinya, diantarnya yaitu:

1.      Kurangnnya bandwidth
Akses internet yang dimiliki mobile computing lebih lambat dari pada jaringan dengan menngunakan kabel, baru – baru ini mengunakan 3G.

2.      Konsumsi tenaga
Tenaga yang dibutuhkan mobile computing sepenuhnya bergantung pada batrai dan tidak memiliki tenaga tambahan seperti generato atau sumber tenaga lainnya.

3.      Standar Keamanan
Ketika bekerja satu mobile bergantung pada jaringan publik, yang membutuhkan hati-hati menggunakan VPN


Gangguan Transmisi

Gangguan transmisi seringkali terjadi untuk mobile computing ini ketika kita berada pada ketinggian, di dalam gedung, terowongan ataupun didaerah pedalaman yang tidak bisa dicapai oleh sinyal, cucaca yang buruk pun bisa mengganggu transmisi sinyal.

Potensi kecelakaan

Seringkali kita mendengan berita kecelakan terjadi akibat penggunaan mobile computing ketika sedang mengedarai kendaraan, da nada rumor yang menyatakan bahwa sinyalnya dapat mengganggu kesehatan tubuh kita.

Antar muka pengguna dengan alat

Alat input seperti keyboard dan layar cenderung kecil sehingga agak sulit untuk melihat tulisan pada keyboard. Untuk mode input seperti suara membutuhkan pelatihan untuk bisa menjalankan mobile computing dengan suara.


Sumber: http://riverc0de.wordpress.com/2012/06/27/implementasi-komputasi-modern-pada-mobile-computing/


Komentar:
Perkembang teknologi yang semakin maju dari tahun ke tahun membuat banyak inovasi baru yang berguna bagi masyarakat, khususnya pada mobile computing. Mobile computing sendiri berarti adalah komunikasi jaringan tanpa kabel atau portable. Contohnya smartphone, tablet, PDA, dan lainnya.
Kelebihan dari mobil computing diantaranya aplikasi yang luas, bebas berpindah jaringan dan berpindah lokasi secara bebas. Sedangkan kekurangannya kurangnya bandwith, konsumsi tenaga, standar keamanan, gangguan transmisi dan potensi kecelakaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar