Laman

Rabu, 03 April 2013

Membuat Armatur pada Aplikasi Blender


Armature pada blender adalah salah satu tool pada blender yang dapat kita gunakan untuk membuat efek tulang pada objek makhluk hidup yang kita buat. Armature akan memberikan kesan seperti engsel tulang yang dapat bergerak secara patah, dan itu menjadai salah satu penunjang pembuatan objek 3D makhluk hidup.

Langkah-langkahnya adalah seperti berikut :
Pilih Add-> Armature -> Single Bone


Tekan tombol Ctrl+E lalu tombol Z, untuk menduplikat bone yang hanya satu tadi sehingga menjadi seperti di bawah ini.


 Aturlah bone tersebut dengan cara mencentang X-ray pada menu Object Data dan pilihlah Envelope.


Aturlah daya cakup bone dengan cara memilih menu Bone pada sisi kanan window dan ubahlah Deform Distance menjadi 1.



Buatlah objek yang akan kita masukkan bone di dalamnya, lalu masukkan bone di dalamnya. Gantilah dengan Pose mode, lalu Select all object dan kemudian tekan ctrl+p untuk menyatukan kedua objek tersebut.

 Setelah jadi hasilnya akan seperti di bawah ini.







1 komentar: