Armature pada
blender adalah salah satu tool pada blender yang dapat kita gunakan untuk
membuat efek tulang pada objek makhluk hidup yang kita buat. Armature akan
memberikan kesan seperti engsel tulang yang dapat bergerak secara patah, dan
itu menjadai salah satu penunjang pembuatan objek 3D makhluk hidup.
Langkah-langkahnya
adalah seperti berikut :
Pilih Add-> Armature -> Single Bone
Tekan tombol Ctrl+E lalu tombol Z, untuk
menduplikat bone yang hanya satu tadi sehingga menjadi seperti di bawah ini.
Aturlah bone tersebut dengan cara
mencentang X-ray pada menu Object Data dan pilihlah Envelope.
Aturlah daya cakup bone dengan cara
memilih menu Bone pada sisi kanan window dan ubahlah Deform Distance menjadi 1.
Buatlah objek yang akan kita masukkan bone
di dalamnya, lalu masukkan bone di dalamnya. Gantilah dengan Pose mode, lalu
Select all object dan kemudian tekan ctrl+p untuk menyatukan kedua objek
tersebut.
Setelah jadi hasilnya akan seperti di
bawah ini.
nice nih TSnya tau aja built to last, salam anak gundar :D
BalasHapus