Laman

Rabu, 03 April 2013

Website Komputasi Modern : M-Banking

Artikel ini adalah artikel yang membahas tentang metode Komputasi Modern. Pengertian dari Komputasi modern sendiri adalah konsep perhitungan, dimana menggabungkan perhitungan matematika standar dan logika yang menggunakan bantuan komputer dalam perhitungannya untuk mendapatkan solusi dan jalan keluar atas permasalahan yang ada dengan suatu algoritma. Saya mengambil satu contoh website perusahaan yang menurut saya menggunakan metode komputasi modern yang cukup kompleks dan rumit. Website-nya adalah : www.klikbca.com. Mungkin Anda sudah pernah melihat atau bahkan Anda menggunakannya sendiri. Bila Anda adala salah satu pemilik rekening bank, seperti disini contohnya adalah bank BCA , dan Anda menggunakan m-banking, Anda akan dapat meng-akses akun rekening BCA  Anda seperti pada gambar di bawah ini.



Tampilan awal

Pilihlah Login Individual jika Anda adalah personal yang memiliki akun rekening bank. Bila Anda adalah pemegang akun rekening sebuah instansi atau perusahaan, maka akun Anda berada di pilihan Login Bisnis.



Halaman login

Halaman selanjutnya adalah halaman login, dimana kita harus memasukkan username dan password kita sendiri. Username dan password harus dijaga dengan sangat baik kerahasiaanya, karena bila tidak, akan sangat beresiko untuk diselundupi orang yang tidak bertanggung jawab.

Halaman fitur-fitur yang di tawarkan



Pada gambar diatas, tanda panah merah menunjuk kepada fasilitas-fasilitas ataupun fitur-fitur yang di tawarkan oleh m-banking BCA. Fitur yang diberikan sangat banyak, maka dari itu menurut saya website ini adalah salah satu website yang sangat kompleks. Fitur-fitur di atas memiliki fungsinya masing-masing, dimana diharapkan nasabah pengguna m-banking BCA dapat melakukan segala macam transaksi maupun kegiatan perbankan dimanapun dan kapanpun secara mobile.

Halaman Informasi Rekening -> Mutasi Rekening

Saya akan membahas beberapa contoh dari fitur yang ada pada m-banking. Contohnya adalah seperti pada gambar di atas. Pada fitur Informasi rekening dan pilih mutasi rekening, Anda akan di hadapkan dengan tampilan seperti di atas. Pilihlah mutasi harian dan tentukan range waktu dimana Anda ingin melihat kegiatan keluar-masuknya uang (mutasi) pada akun rekening Anda. Fitur ini hanya berfungsi untuk melihat mutasi saja, dan biasanya maksimal range waktu adalah satu bulan. Akan ditampilkan informasi masuknya uang (tanggal, waktu, pengirim dan keterangan jumlah uang) secara real time, sehingga Anda dapat secara langsung mengecek apakan uang sudah masuk ke rekening Anda atau belum.

 Halaman Transfer



Fitur penting lainnya adalah fitur transfer. Pada fitur Transfer Dana, Anda akan dihadapkan dengan tampilan seperti di atas. Caranya, daftarkan terlebih dahulu nomor rekening yang Anda ingin tuju, lalu masukkan informasi pengiriman pada form di sebelah kanan. Masukkan jumlah uang yang akan ditransfer dan masukkan berita bila di inginkan. Untuk transfer dari klikbca ini, Anda harus memiliki token. Dimana token tersebut berfugsi untuk memvalidasi bahwa yang melakukan transaksi adalah benar diri Anda sendiri. Pada form diatas, terdapat 8 angka yang harus Anda masukkan ke dalam token. Setelah 8 angka tersebut dimasukkan ke dalam token, maka token akan memberikan feedback sejumlah angka lagi yang harus Anda masukkan ke dalam text field Respon KeyBCA appli 2. Bila nomor yang dimasukkan benar, maka anda akan dapat segera mengirim uang dengan meng-klik next.


Halaman Pembayaran Kartu Kredit

Fitur terakhir yang akan saya bahas adalah fitur pembayaran. Dimana segala macam pembayaran dapat dilakukan secara mudah dan efisien, tanpa memakan waktu yang lama dan membuang tenaga. Ada list pembayaran apa saja yang dapat Anda lakukan, dapat dilihat pada gambar di atas di sebelah kiri. Contoh form pembayaran yang dibuka adalah form pembayaran kartu kredit. Hanya dengan memasukkan noomr pelanggan dan jumlah pembayaran, klik lanjutkan, Anda dapat langsung membayar tagihan kartu kredit Anda. Begitu juga untuk pembayaran pulsa handphone, listrik, air, tv kabel, dan lain-lain. Banyak sekali perusahaan yang sudah terintegrasi dan bekerja sama dengan bank. Jadi fitur ini benar-benar sangat efisien. Hanya perlu dukungan koneksi internet yang memadai dan mobile device.

Komentar :
Menurut saya, website seperti ini sangat kompleks dan pastinya rumit untuk dibuat. Tetapi terlepas dari pada hal tersebut, website ini sangatlah berfungsi dan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya nasabah bank. Dengan mobilitas masyarakat akan perbankan semakin lama semakin meningkat, maka harus ada pendukung yang dapat menstabilkan mobilitas yang sangat tinggi tersebut. Dengan website ini, nasabah tidak perlu pergi ke bank fisik maupun ATM fisik untuk melakukan segala kegiatan perbankan seperti yang sudah saya jelaskan pada fitur-fitur di atas.  Hampir seluruh bank di Indonesia sudah memiliki m-banking. Karena tingginya permintaan nasabah pada fasilitas modern ini.
Website klikbca.com ini adalah website yang handal dan terpercaya. Karena maintenance-nya yang berkala pendek agar terus dapat menjaga keamanan uang nasabah. Bila terjadi sedikit saja kesalahan pada website ini, akan bersifat fatal dan berdampak luas. Masyarakat tidak akan dengan mudah percaya lagi kepada m-banking. Maka dari itu, pihak bank berusaha sebisa mungkin untuk menjaga sekuritasnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar